Cara Untuk Poles Marmer Yang Benar

Tatkala lantai marmer sudah kian berumur, maka sudah dipastikan bahwa marmer tersebut sudah tidak lagi kinclong seperti dulu saat masih baru. Akan terdapat banyak goresan, noda, atau bahkan retakan. Hal itu semua paling banyak disebabkan oleh kondisi lingkungan dan perawatan oleh penghuni rumah. Lantai marmer yang rutin dibersihkan dari pasir, debu, dan noda maka akan tetap terjaga keindahannya, lain halnya dengan lantai yang minim perawatan.

Harganya yang mahal tentu akan membuat dilema jika mempertimbangkan untuk mengganti marmer yang sudah kusam dengan marmer yang baru. Namun jika mampu maka tidak ada masalah. Adapun solusi lain yang bisa diambil adalah dengan mengupayakan untuk memoles kembali marmer yang sudah usang tersebut dengan bahan tertentu agar kembali terlihat menarik dan kemilau.

Pemolesan marmer sendiri sudah bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menyewa jasa tukang poles marmer atau melakukan pemolesan marmer secara mandiri di rumah. Banyak orang memilih melakukan poles marmer sendiri ketimbang menyewa jasa karena alasan biaya. Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk memoles seluruh permukaan lantai marmer rumah Anda jika memakai jasa. Hal ini tentu akan kian membebani jika Anda memiliki rumah yang luas.

Jika melakukan poles marmer secara mandiri di rumah, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hal ini karena bahan-bahan yang diperlukan harganya relatif murah dan juga sangat mudah didapatkan. Anda hanya perlu menyiapakan cairan khusus permbersih marmer yang bisa ditemukan di toko bangunan. Namun, jika Anda tidak punya bahan ini, maka bisa menggunakan bahan lain yang biasa ditemukan di keseharian kita. Diantaranya amonia, baking soda, dan deterjen.

Jika Anda terbiasa membersihkan lantai dengan menggunakan teknik pel, maka untuk memoles marmer Anda harus melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda. Memoles marmer harus dilakukan dengan tangan langsung menggunakan secarik kain yang halus permukaannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari menambah goresan pada permukaan marmer.

Sediakan baskom berisi air bersih lalu tuangkan tuangkan cairan pembersih marmer sesuai takaran yang ditentukan. Kemudian aduk sampai merata dan setelah itu barulah membasahi kain halus tadi dengan air campuran di baskom. Basuhlah lantai marmer yang kusam dan kotor dengan kain secara menyeluruh. Setelah selesai keringkan lantai beberapa waktu kemudian perhatikan hasilnya.

Demikian mudahnya Anda bisa melakukan poles lantai marmer secara sederhana dengan minim budget. Jika Anda melakukannya dengan cara yang benar, maka hasilnya pun akan lumayan kinclong meskipun tidak sama dengan hasil ketika menyewa tukang poles profesional. Untuk menjaga lantai marmer Anda agar tetap mengkilap, maka Anda harus mengaplikasikan perawatan secara berkala. Semakin baik perawatan yang Anda lakukan maka akan mencegah lantai marmer Anda untuk menjadi kusam lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *